Cara Partisi Kartu Memory for Android - Jadikan Ponsel Androidmu Secepat F1

Kartu memory merupakan syarat wajib yang harus ada pada ponsel android anda, karena selain dapat menyimpan berbagai macam musik, video terutama foto bagi yang gila berfoto :-) kartu memory juga berfungsi sebagai penyimpanan aplikasi maupun game.
Akan tetapi seiring dengan bertambahnya aplikasi pada ponsel android anda serta banyaknya foto, video dan game akan membuat ruang pada kartu memory anda semakin sempit alias berkurang kapasitasnya, hal sedemikian rupa akan membuat ponsel android anda menjadi lemot dalam mengakses suatu data.
bagaimanakah solusinya ? Neh ane kasih solusi yang terbaik yaitu dengan cara mempartisi kartu memory pada ponsel android anda, pada dasarnya cara mempartisi kartu memory ini sama dengan mempartisi linux. partisi pada android ini nantinya akan di bagi menjadi 3 type :

  1. pertama yaitu Partisi Ext3 (linux) yang nantinya akan berguna untuk ruang instalasi aplikasi anda. 
  2. kedua yaitu partisi FAT32 yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data anda seperti foto, mp3, video, dan lain sebagainya.
  3. ketiga yaitu partisi swap linux yang berfungsi untuk menambah RAM pada ponsel android anda, hal ini lah yang nantinya akan membuat ponsel android anda melaju kencang bak mobil F1 yang di tumpangi Luis Hammilton hehehe :-), biasanya pada partisi swap linux ini besarnya dua kali RAM yang telah tersedia pada ponsel android anda.
Baik, cara melakukan partisi pada kartu memory yaitu dengan menggunakan software Minitools Partition Wizard anda dapat mengunduh aplikasinya pada link dibawah ini :
http://www.indowebster.com/download/files/minitools_partition_wizard_1
password : duniaandroid

Berikut ini langkah-langkah mempartisi pada kartu memory anda :
  1. Sebelum anda mempartisi kartu memory anda sebaiknya anda mem backup terlebih dahulu data di kartu memory anda kedalam komputer karena apabila kartu memory anda di partisi maka otomatis data yang berada dalam kartu memory anda menjadi hilang.
  2. Setelah itu silahkan anda install aplikasi Minitools Partition Wizard yang telah anda download tadi kedalam PC maupun laptop.
  3. Masulkkan kartu memory anda ke dalam card reader, anda juga bisa langsung menancapkan kabel data apabila anda mempunyainya.
  4. Jalankan Aplikasi Minitools yang telah anda install jika terbaca maka kartu memory anda akan terbaca seperti gambar 1.1 dibawah ini, kemudian klik tombol delete untuk menghapus terlebih dahulu.
  5. Setelah itu silahkan anda tekan tombol Create yang seperti pada gambar 1.2 dibawah ini.
  6. Pada bagian Create As silahkan anda pilih Primary, kemudian pada bagian File System silahkan anda pilih Ext3 (Partisi Pertama). anda dapat menggeser Size anda Location untuk menentukan berapa besar ruang yang anda inginkan untuk partisi pertama ini.setelah itu tekan OK. perhatikan gambar 1.3.
  7. Kemudian pada bagian yang masih kosong silahkan anda klik Create kembali, pada bagian Create As Pilihlah Primary, sedangkan pada bagian File System pilihlah FAT32 (partisi kedua). lihat gambar 1.4.
  8. Klik Create kembali untuk membuat partisi yang terakhir, seperti yang sudah dijelaskan diatas anda dapat membuat partisi Linux Swap ini dua kali besar RAM pada ponsel android anda akan tetapi anda agar ponsel anda berjalan seperti apa yang anda inginkan silahkan anda buat 1 GB atau 2 GB. pada bagian Create As masih tetap sama dengan memilih Primary, kemudian pada bagian File System silahkan anda pilih Swap Linux (partisi ketiga). perhatikan gambar 1.5 dibawah ini.
  9. Apabila anda sudah yakin dengan partisi yang telah anda buat silahkan anda tekan Apply yang berada di pojok kiri atas lembar kerja Minitools Partition Wizard seperti pada gambar 1.6.
  10. Tunggu hingga proses partisi selesai.
dengan demikian maka kartu memory anda sudah memiliki ruang tersendiri untuk melakukan segala aktivitasnya. sebagai saran untuk melakukan partisi yang baik anda gunakan kartu memory dengan kapasitas minimal 4 GB.

tested by Samsung Galaxy GIO

7 komentar:

{ isal } at: 10 Juli 2012 01.59 mengatakan...

setelah diikuti step by step cara partisinya, sukses dan berhasil. tapi, setelah kartu memorinya di pasang ulang di samsung galaxy mini, terdapat pesan " kartu memori anda rusak ", mengapa demikian? mohon bantuannya

{ Hastian Radipta } at: 12 Juli 2012 00.24 mengatakan...

waktu partisi yg dibuat di awal yg FAT32 (penyimpanan data), coz yg dibaca PC yg partisi ke 1...

{ Bolons } at: 8 Oktober 2012 02.49 mengatakan...

Itukan partisinya, aktifinnya di HP?

{ husni } at: 26 Oktober 2012 02.04 mengatakan...

sudah diikuti satu-persatu langkahnya dan kayaknya memang kinerja tambah cepet,,,tapi ada pertanyaan nih mohon pencerahanya:
1. gimana caranya untuk melihat RAM di android kita dah bertambah?
2. setelah memory card dipartisi ternyata nggak bisa dibaca di windows,,,terus untuk transfer data via blutut jg ga bisa....jadi susah nih mau mindah data.gimana boss????

{ ukhu } at: 7 Januari 2013 21.16 mengatakan...

yang memuat artikel tidak bertanggung jawab.
aku coba buat d GY sukses semua. tapi di komputer tidak kelihatan. gitupun waktu d hape tidak terbaca kartu memorinya.

gimana nih.... buat artikel tanggung jawab dunnn... jangan asal ngepost saja

{ Lord Killearn } at: 28 Januari 2013 06.23 mengatakan...

pas ngelakuin itu jangan lupa kartu memory taro di card reader dulu baru di partisi
saya lancar tanpa masalah gan, internal saya yg tadinya penuh jadi cuma kepake 50% buat sistem doang
pake link2sd buat mindahin app ke partisi ext2 nya
kalo buat liat nambahnya gak bisa pake cara ini gan, tapi mungkin bisa pake yg satu ini januarfadilah.blogspot.com/2012/02/cara-menambahkan-kapasitas-memori.html?m=1

{ yogie senja } at: 9 Desember 2013 22.39 mengatakan...

cara masuk ke Recovery Mode gmna

Poskan Komentar

 
Dunia Android © 2012 Design by Seo Tips | Created by Muhammad Hilmi Masruri - -